Rabu, 13 Maret 2019

Bahan Belajar Berbasis Web

Kali ini saya akan berbagi tentang materi bahan ajar berbasis web yang dapat dibuat sendiri oleh pengawas. Sebut saja namanya web belajar. Tampilan templatenya seperti gambar.
Template Bahan Ajar Berbasis Web

Template itu dapat diubah sesuai dengan kebutuhan sekolah, misalnya diubah menjadi milik sekolah "ANGKASA" maka tampilannya seperti ini.

Pada tab browser (google) juga bisa diubah sesuai dengan kebutuhan sekolah. Pada contoh ini tab nya berjudul "PENGAWAS HEBAT". Saya beri nama Tab seperti itu dengan harapan pengawas belajar membuat desain seperti itu, selanjutnya memberikan bimbingan kepada guru binaan di sekolah. Sekaligus juga memberikan template itu secara cuma-cuma. Sekali lagi cuma-cuma. Alias gratis.

Lalu? untuk apa template itu. Ya! sebenarnya intinya ada di sini. Template itu bisa dianalogikan seperti tas atau lemari yang bisa diisi sesuai dengan kebutuhan sekolah. Bisa diisi bahan ajar, soal untuk ulangan, soal ujian, kuis, animasi untuk pembelajaran. Semua isi yang ada dapat dijalankan secara on line dan off line. Jadi bisa digunakan untuk memfasilitasi sekolah yang memiliki sarpras komputer dan jaringan sampai ke sekolah satu atap yang hanya memiliki satu laptop dan 1 LCD.
Misalnya kita jalankan salah satu menu himpunan, maka muncul tampilan seperti ini.
Tampilan ini adalah bahan ajar himpunan untuk siswa SMP. Sudah berbasis masalah dan pembelajaran sesuai era industri 4.0. Bukan tayangan yang berisi penjelasan-penjelasan. Terkadang guru-guru kita terjebak dalam paradigma lama. Maksudnya menggunakan komputer dalam pembelajaran (pembelajaran berbasis IT), tetapi isinya tayangan adalah penjelasan-penjelasan. Sehingga sebenarnya itu adalah pembelajaran ceramah tetapi pakai komputer.

Nah! kalau di contoh ini tidak demikian. Contoh ini menyajikan ada objek di sebelah kiri dan ada bidang lingkaran di sebelah kanan. Lalu guru dapat mendrag dan drop objek itu untuk memancing berpikir peserta didik. Lalu meminta peserta didik untuk bekerja dalam kelompok memikirkan mengelompokkan objek sehingga menjadi himpunan.

Bahan contoh itu sudah ada di Tas (Template) gratis tadi. Untuk selanjutnya guru di sekolah bisa membuat sendiri seperti itu untuk ditambahkan dalam database bahan ajar. 

Lalu?...apakah sulit membuatnya?
Tentu tidak jika mau belajar dan berusaha, yang penting guru sudah memiliki kemampuan bekerja dengan power point. Nanti tinggal memberi featur tambahan untuk power point. Sebenarnya untuk membuat semacam itu banyak software yang bisa dipakai. Mulai dari Swish Max. Macromedia, Storyline dan sebagainya. Yang penting dapat di publish menjadi folder berbasis Web. Tapi pilihan menggunakan power point dipilih karena paling banyak digunakan oleh guru.

Ok, teman-teman pengawas yang hebat. Mau tantangan dan bermanfaat untuk guru dan peserta didik. Mari belajar bersama.

2 komentar:

  1. Mantap....👍👍Ilmu baru yang cukup menarik untuk dipelajari,

    BalasHapus
  2. Berkunjung bapak. Upload materi instrumen supervisi mutu pendidikan bpk. Biar kami bisa.belajar.


    Http://paknurhadi.blogspot.com

    BalasHapus